Aktivitas Anak

Tips Mengawasi Aktivitas Anak di Dalam dan Luar Rumah

Pengawasan orang tua menjadi sangat penting ketika anak beraktivitas di luar rumah, Apalagi jika misalnya lingkungan anda dengan dengan sungai, parit atau tempat tempat yang dianggap berbahaya lainnya bagi anak.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan pada anak ketika melakukan aktivitas bermainnya. Diantaranya adalah:

Mengawasi Aktivitas Anak

  1. Memagari Tempat Tertentu

Jika misalnya anda tinggal di apartment atau tempat tempat lain yang bertingkat, anda harus melakukan pengawasan ekstra pada aktivitas anak.

Salah satu bentuk pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan membuatkan penghalang penghalang khusus pada area area yang dianggap berbahaya, seperti misalnya area tangga ataupun pagar balkon rumah.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir anak yang terlalu aktif bergerak dan melewati wilayah wilayah rawan yang bisa menyebabkan anak terjatuh dan terluka.

  1. Jauhkan HP Ketika Bermain

Keteledoran orang tua biasanya menjadi penyebab utama kecelakaan pada anak. Maka dari itu, orang tua harus selalu fokus pada anaknya ketika melakukan aktivitas bermain. Setidaknya ia harus berada dalam jangkauan aman.

Selain itu, orang tua juga harus membiasakan diri untuk menjauhkan handphone ketika mengawasi anak bermain. Bagaimanapun terkadang seseorang menjadi lupa terhadap anaknya karena terlalu keasyikan bermain hp. Hal ini tentu saja tidak baik untuk keselamatan anak selama bermain.

  1. Gunakan Aplikasi

Pada usia anak yang lebih dewasa, ketika anak sudah bisa dan sering menggunakan internet. Anda juga harus melakukan pengawasan dalam bentuk lain untuk mencegah anak mengakses konten konten yang dianggap berbahaya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi aplikasi parental control. Anda bisa menggunakan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan.

Nah, dengan aplikasi aplikasi tersebut, nantinya anda bisa mengetahui history penelusuran yang dilakukan oleh anak sehingga anda bisa tahu hal apa saja yang anak anda cari di internet.

Selain itu, nantinya anda juga bisa melakukan pemblokiran terhadap aplikasi aplikasi tertentu yang ada di handphone anak anda.

Lebih jauh dari itu, anda juga bisa melacak keberadaan anak anda lewat GPS untuk memastikan ia berada di tempat aman dan tidak melakukan hal hal yang membahayakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.