Mahfud MD Ungkap Pengalamannya Berguru pada Almarhum Artidjo Alkostar saat Kuliah

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan pengalamannya berguru pada Anggota Dewan Pengawas KPK sekaligus mantan Hakim Agung almarhum Artidjo Alkostar yang meninggal dunia pada Minggu (28/2/2021) kemarin. Ia mengawali kisahnya ketika pada 1978, ia mulai kuliah di UII. Ketika itu, kata Mahfud, Artidjo sudah menjadi dosen muda yang juga mengajarkannya.

Bagi Mahfud, Artidjo adalah semacam inspirator untuk penegakan hukum dan demokrasi. Artidjo, kata Mahfud, adalah sosok yang menginsiprasinya untuk juga menjadi dosen. Ia terkesan dengan Artidjo karena sosoknya kerap membawa buku tebal dan membedah kasus kasus konkret yang pelik saat mengajarnya selama di perkuliahan.

"Saya terinspirasi ingin menjadi dosen dan pejuang yang keren seperti Mas Artidjo," kata Mahfud ketika dikonfirmasi pada Senin (1/3/2021). Maka itu begitu lulus dari Fakultas Hukum UII, Mahfud langsung mendaftar sebagai dosen. "Saya tidak pergi ke Jakarta untuk mencoba mencari pekerjaan lain yang dianggap lebih menjanjikan secara ekonomis. Saya mantap ikut jejak Mas Artidjo," kenang Mahfud.

Leave a Reply

Your email address will not be published.