Daftar Proyek Pembangunan Infrastruktur Transportasi yang Diselesaikan Kemenhub di 2020

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 2020 ini telah menyelesaikan berbagai proyek pembangunan infrastruktur transportasi, di berbagai wilayah. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, meski di tengah pandemi Covid 19 pihaknya akan terus melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur transportasi untuk melayani masyarakat. "Kita tidak bisa berhenti, karena infrastruktur transportasi ini sangat penting untuk menjaga roda ekonomi tetap bergerak," kata Budi Karya dalam diskusi virtual, Rabu (23/12/2020.

Ia juga menyebutkan, saat ini penyerapan anggaran Kemenhub pada 2020 sudah mencapai 95 persen dalam aspek pembangunan moda transportasi untuk melayani masyarakat. Kemenhub sendiri memiliki anggaran belanja 2020 sekitar Rp 32,7 triliun dan dana ini digunakan untuk membangun infrastruktur transportasi seperti program tol laut dan pembangunan untuk mendukung 10 destinasi pariwisata nasional. Dalam pencapaian Kemenhub di 2020 ini, Budi Karya menjelaskan, pihaknya telah menyelesaikan beberapa proyek seperti jalur ganda kereta api di wilayah bagian selatan Jawa.

"Double track ini penting sekali untuk keamanan operasional kereta api, dibandingkan dengan single track," ucap Budi Karya. Selain itu ia juga menyebutkan, proyek lain yang telah selesai di 2020 adalah pembangunan runway III dan east cross di Bandara Soekarno Hatta, pembangunan Bandara Kulonprogo serta penyelesaian proyek kapal perintis yang jumlahnya lebih dari 100 kapal. "Selain itu, kami juga telah menyelesaikan pelabuhan Gili Mas di Lombok dan melakukan reaktivasi jalur angkutan kereta api ke kota kecil seperti di Ciranjang ke Cipatat yang akan terhubung ke Bandung," ujar Budi Karya.

Pada 2020 ini, lanjut Budi, Kemenhub juga menggelontorkan dana untuk melakukan subsidi laut, udara, kereta api dan juga angkutan darat. "Meski begitu, pembangunan yang dilakukan Kemenhub tentunya harus mengedepankan protokol kesehatan mengingat masih di tengah pandemi Covid 19," ucap Budi Karya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.