Rehabilitasi Narkoba

Cara Menghindari Narkoba Bagi Pemuda

Narkoba terkadang menjadi hal yang dianggap biasa terutama jika kita memang hidup di lingkungan yang yang banyak dihiasi oleh peredaran narkoba, bagi itu jenis ganja sabu-sabu ataupun misalnya tembakau gorila.

Sebagai orang yang memiliki akal sehat, tentu saja Anda tidak ingin menjerumuskan hidup anda pada hal-hal yang bersifat negatif dan dapat merusak masa depan Anda. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh anda para pemuda agar dapat menghindari penyalahgunaan narkoba di tengah lingkungan pergaulan dan bermasyarakat.

Berikut ini adalah beberapa tips cara penanganan narkoba dan cara menghindari narkoba bagi pemuda yang dapat anda lakukan, diantaranya adalah :

Bagaimana Cara Menghindari Narkoba Bagi Pemuda?

 

  1. Memilih Pergaulan

 

Jika anda memiliki pergaulan atau teman teman yang dekat dengan narkoba, sebaiknya Anda menjauhi mereka dan memilih untuk mencari teman yang lebih baik daripada nanti anda terjerumus kedalam pengaruh yang buruk.

 

Apalagi di tengah era teknologi seperti sekarang ini, rasanya anda tidak perlu khawatir kekurangan teman. Ini dikarenakan sumber-sumber pertemanan itu banyak, entah itu lingkungan rumah, sekolah, komunitas ataupun lainnya. So, pilihlah yang terbaik diantara mereka, teman yang tentunya jauh dengan lingkaran narkoba.

 

  1. Jangan Pernah Mencoba

 

Narkoba memiliki zat-zat tertentu yang dapat menyebabkan penggunanya menjadi ketagihan dan ingin menggunakan barang tersebut secara terus-menerus.

 

Dalam banyak kasus, para pecandu narkoba dimulai dengan rasa penasaran tinggi terhadap hal hal baru. Ketika misalnya ia mencoba narkoba, mungkin niat awalnya hanya sekedar iseng.

 

Namun lama kelamaan barang tersebut mengikat dan menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan terhadap barang tersebut.

 

Jadi, hindarilah narkoba, jika ada teman menawarkan segera tolak dan kalau perlu anda langsung pergi. Jangan pedulikan mereka mengatakan anda cupu, culun atau apapun itu.

 

Ingat, ada keluarga yang harus anda banggakan dan mimpi-mimpi yang akan hangus jika anda sampai menggunakan narkoba.

 

  1. Jangan Gunakan Narkoba sebagai Pelarian

Terkadang seseorang mempunyai masalah yang menyebabkan dirinya menjadi stres dan mempunyai beban pikiran berat. Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah lingkungan keluarga yang tidak kondusif yang menyebabkan seseorang menjadi broken home

 

Biasanya ini disebabkan oleh hubungan ayah dan ibunya yang dipenuhi dengan percekcokan ataupun misalnya kurangnya kasih sayang dari kedua orang tua terhadap anaknya. Hal ini bisa menyebabkan stres pada anak yang pada akhirnya dia akan mencari pelarian untuk menghilangkan beban stresnya tersebut.

Salah satunya adalah dengan menggunakan narkoba. Menggunakan narkoba mungkin bisa menghilangkan masalahnya sejenak, namun Tentu saja itu hanya bersifat semu dan sementara saja.

 

So, ketika anda misalnya memiliki beban masalah, lakukanlah hal hal yang lebih bermanfaat atau setidaknya lakukan perbuatan yang tidak merugikan dirimu sendiri di kemudian hari.

 

  1. Membentengi Diri Sendiri

Seseorang tidak akan terjerumus pada penyalahgunaan narkoba selama ia memiliki benteng yang kuat dalam dirinya, baik dalam bentuk agama, mindset, dukungan keluarga atau misalnya impian-impian yang yang tidak mungkin dapat tercapai Jika ia menggunakan narkoba seperti misalnya ingin menjadi TNI ataupun polisi.

So, perkuatlah benteng-benteng itu, sadarilah bahwa narkoba itu merusak dan tidak ada nilai baiknya untuk anda. Dengan seperti itu anda akan menjadi jijik sendiri terhadap barang satu ini. Jangankan untuk mengkonsumsi, untuk mendekatinya pun mungkin sudah merasa mual dan benci. Apabila sudah mulai kecanduan dan sulit untuk berhenti, anda bisa rehabilitasi narkoba di Ashefa Griya Pusaka yang terdapat di daerah anda berada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.