Cara Membuat SKCK Online dengan Mudah

SKCK adalah sebuah surat yang menunjukan bahwa seseorang belum pernah melakukan suatu tindakan kriminal tertentu dan namanya bersih dari segala hal yang berkaitan dengan hukum. Surat ini biasanya dibutuhkan ketika seseorang akan melamar pekerjaan ataupun hal lainnya.

Adapun, SKCK bisa dibuat secara offline, yakni dengan mendatangi kantor kepolisian setempat yang melayani pembuatan SKCK. Selain itu, sekarang anda bisa membuat SKCK secara online.

Lalu, bagaimana sih cara membuat SKCK online. Apakah prosesnya mudah atau susah. Berikut ini jawabannya:

Cara Membuat SKCK Online

Pembuatan SKCK secara online tentu saja akan lebih memudahkan pemohon pembuatan surat ini karena tidak perlu repot repot datang dan mengantri di kepolisian.

Adapun, meskipun pendaftaran SKCK dilakukan secara online, anda tetap diharuskan untuk menyiapkan berbagai syarat yang diperlukan untuk pembuatan SKCS seperti misalnya KTP, KK, Akte kelahiran dan juga pas photo berwarna.

Untuk melakukan pendaftaran secara online anda bisa melakukannya lewat alaman skck.polri.go.id, anda tinggal mengikuti berbagai step yang ada pada website tersebut untuk pembuatan SKCK secara online.

Sebagai langkah lebih detail. Berikut ini kami sajikan cara pembuatan surat ini secara online, disertai dengan langkahnya:

  • Masuk kehalaman resmi untuk pembuatan SKCK, yakni dialamat skck.polri.go.id. Setelah itu anda bisa klik menu pendaftaran yang tersedia
  • Setelah itu anda bisa mengisi beberapa pertanyaan yang disediakan mulai data yang berhubungan dengan pribadi, ciri fisik, keluarga, pendidikan dan lampiran lampiran yang harus anda sediakan.
  • Setelah itu anda bisa mengisi jenis keperluan anda membuat SKCK.
  • Anda tinggal mengisi semua data yang ada pada formulir. Pastikan bahwa data yang anda tuliskan adalah benar
  • Setelah itu nanti anda akan diarahkan untuk pembayaran. Biaya untuk pembuatan SKCK biasanya adalah 30.000, anda bisa mentransfernya secara online. Prosespun selesai

Adapun, meskipun dilakukan secara online, anda nantinya harus tetap datang ke polres terdekat untuk mengambil surat yang telah jadi. So, pastikan setiap data telah terisi dengan benar sesuai dengan arahan pada formulir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.