Bebas Abonemen dan Keringanan Biaya Listrik untuk Pengusaha Lanjut di 2021 

Kementerian Keuangan menyatakan, dukungan kepada dunia usaha di 2021 dalam bentuk belanja pemerintah dan pembiayaan ditujukan agar beban pengusaha, terutama yang sedang berutang dapat diringankan. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dukungan itu tentu dengan tetap menjaga kinerja serta stabilitas sistem keuangan. "Kebijakan keringanan tadi mulai dari biaya listrik. Pembebasan biaya rekening minimum dan abonemen akan terus akan diperpanjang untuk tahun 2021," ujarnya saat konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) secara virtual, Senin (1/2/2021).

Kemudian, pemerintah juga terus memberikan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan non KUR di dalam rangka untuk meringankan beban cicilan bagi dunia usaha. Menurut Sri Mulyani, dari sisi fiskal paket kebijakan terpadu ini, di dalam rangka untuk meningkatkan pembiayaan dunia usaha. Dengan demikian, dia menambahkan, pemerintah bisa terus mendorong percepatan pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid 19.

"KSSK telah melakukan pemetaan persoalan di dalam dunia usaha. Sektor usaha mana yang menjadi motor penggerak utama pemulihan ekonomi kita," kata Sri Mulyani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.