5 Tipe Peminum Kopi di Indonesia, Dari Pemula, Expert, Hingga Hanya Pencari Promo, yang Mana Anda?

Mengonsumsi kopi sudah menjadi lifestyle masyarakat Indonesia sejak dulu. Kini, semakin banyak varian kopi yang bermunculan. Apalagi, Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi.

Coffe shop, kedai kopi, hingga warkop yang mudah ditemui. Peminum kopi pun dapat dinarasikan dari tempat dimana mereka mengonsumsi kopi. Karakteristik penikmat kopi salah satunya dipengaruhi oleh narasi kedai kopi yang mereka datangi.

Hal tersebut diutarakan oleh Cindy Herlin Marta, Co Founder Shoot Me In The Head yang juga seorang Licensed Q Arabica Grader, seperti melansir salah satu artikel Kompas. Terdapat setidaknya 5 macam peminum kopi di Indonesia. Mulai dari pemula sampai pecinta kopi yang ahli dan sekedar pencari promo.

Cindymenjelaskan ada penikmat kopi yang lebih suka biji origin , ada yang hanya datang untuk cari promo saja, ada juga yang untuk kebutuhan minuman saat kerja. Nantinya para penikmat kopi akan mencari kedai kopi yang sesuai dengan kebutuhannya. Berikut rangkuman beberapa karakteristik penikmat kopi di Indonesia:

Owner brand Kopi KangenWilliam Heuw mengatakan, ia seringkali membagi tahap konsumen kopi di Indonesia dalam mengonsumsi kopi. Pada dasarnya, ia mengatakan bahwa orang Indonesia kebanyakan menyukai minuman manis. Eskopi susuyang pakai gula aren, susu kental manis, dan sirup sangat disukai oleh masyarakat. Kemudian simple flavor seperti matcha yang dicampurkan dengan kopi disukai juga oleh para peminum kopi pemula. Menurutnya, konsumen yang baru mulai mencoba kopi biasanya penasaran dengan rasa kopi.

Mereka mencoba jenis kopi yang paling ringan dan manis serta populer, yakni es kopi susu. William menyebut, mereka yang berada dalam tahap ini sedang berada di entry level . Tipe selanjutnya ada orang yangminum kopikarena kebutuhan sosial. Pada tipe ini kedai kopi yang nyaman sangat berperan penting. Oleh karena itu, kedai kopi sering dijadikan tempat berkumpul selepas kerja atau sekadar bertemu teman lama. Kopi juga bisa jadi teman minum yang ringan. Kopi yang kini memiliki banyak varian juga mendorong para penikmat kopi untuk kebutuhan sosial, yakni terus mengetahui jenis minuman kopi terbaru.

Kemudian ada juga penikmat kopi yang meminum kopi karena kebutuhan sehari hari. Biasanya ada orang yang membutuhkan kafein dalam kopi untuk bisa bersemangat dalam menjalani hari. Biasanya, tipe ini akan membeli kopi setiap hari dan minum setidaknya segelas kopi per hari. Sejumlah kedai kopi yang memiliki fasilitas berupa tempat duduk yang nyaman dan akses internet cepat. Oleh karena itu, fasilitas ini dimanfaatkan sebagai tempat kerja nyaman sembari menikmati kopi.

Selanjutnya ada tipe pencinta kopi. Mereka benar benar mengerti dan peduli dengan biji kopi yang mereka konsumsi. Menurut William, setelah mencoba es kopi susu, para penikmat kopi akan mulai mencoba jenis minuman kopi yang lebih berat dengan rasa yang cukup ringan. Misalnya, cappuccino , piccolo , dan latte .

Setelahnya, baru para pencinta kopi akan mulai penasaran dengan manual brew alias kopi yang diseduh manual. Mereka peduli dengan biji kopi yang digunakan berasal dari mana, rasanya seperti apa, serta teknik roasting, dan penyeduhan biji kopi. Menurut Cindy, para pencari promo ini juga cukup banyak ditemukan.

Banyaknya kedai kopi baru maupun lama memberikan beragam promo menarik jadi dorongan bagi para pencari promo ini. Kopi yang murah dengan rasa yang cukup enak jadi alasan mereka menikmati kopi. Apalagi banyak aplikasi yang menawarkan beragam cashback berjumlah tidak sedikit untuk pembelian berbagai varian minuman di berbagai kedai kopi.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.